Rupiah Pertama

Pengalaman Di tingkat SMP

Selama saya masih sekolah di smp saya masih punya mimpi menjadi entherprenure muda yang mampu membanggakan bangsa serta memberikan pemasukkan bagi negaraku Indonesia. Di SMP saya belum betul aktif dalam sampingan untuk mencari uang. Dan saya diharuskan untuk belajar sampai pandai untuk mencapai cita -citaku, jadi belum sempat untuk melakukan penjualan. Dan saya selalu aktif dalam keorganisasian osis di sekolahku SMP N 2 Lumajang. Disitu saya membantu secara loyal untuk program osis sampai saya lengser di kelas IX. Di sana juga saya belajar cara berjualan dengan ikut sebagai petugas jaga koperasi sekolah.Tetapi untuk penghasilan yang saya terima tidak langsung begitu di berikan tetapi berupa SHU (Sisa Hasil Usaha), tetapi untuk nominalnya lupa karena waktu itu langsung saya gunakan main game playstation dengan teman – teman, ketika itu setelah lulus dari SMP , karena belum ada keputusan setiap kesekolah saya diajak teman saya main game playstation tersebut, tetapi uang yang saya gunakan dari SHU tadi bukan dari orang tua. Dan orang tua tidak tahu kalau saya main game.

Pengalaman di tingkat SMA
Saya sekolah bukan di SMA tetapi di Madrasah Aliyah tepatnya MAN Lumajang, disitu saya ketika waktu kelas X saya diajak teman saya untuk mencari kembang kamboja kering dan dijual , dari situ saya setiap 1 kantong kresek sedang dihargai Rp 10.000, jadi setiap hari saya sepulang sekolah saya dan teman saya mencari kembang kamboja di Makam samping sekolah. Hal ini tidak berlangsung lama dikarenakan saya mengikuti multi organisasi yaitu pramuka, pmr, osis, remas. Diluar sekolah saya juga mengikuti kegiatan ekstra Pencak organisasi dan di kelas XI ikut seni music yaitu banjari kolaborasi yaitu kolaborasi antara albanjari dengan music modern yaitu band. Kebetulan saya memegang keyboard. Disini pernah mendapat undangan main di rumah salah satu guru ketika acara hajatan disitu setiap anak mendapatkan Rp 15.000. Setelah selesai lulus dari MAN saya mendapatkan ajakan dari teman untuk bermain albanjari di kelurahan Denok lumajang dalam acara halal bi halal disana mendapatkan uang saku Rp 10.000 perkepala. Pernah juga menjadi petugas parkir pada saat kegiatan upacara dialun-alun dan mendapatkan uang minimal Rp 30.000 perkepala.

Pengalaman di Politeknik Negeri Malang
Awal kuliah saya tidak langsung ke D3 tetapi melalui D1 disitu diajarkan kewirausahaan dan saya melakukan penelitihan di daerah saya khusunya penjualan keripik singkok khas lumajang. Dari situ saya mendapatkan tata cara untuk membuat perusahan atau home industri disertai surat perijinan dan cara untuk sosialisasi dengan penduduk sekitar. Setalah masuk di D3 pada semester 5 saya mendapatkan proyek untuk menjual aplikasi. Disitu saya ada didalam kelompok 7 yang beranggotakan 4 orang, kelompok kami menjual CD learning aplikasi bahasa ingris untuk anak TK disitu dari kelompok kami laku 2 CD yang membeli orang tua siswa disini satu CD seharga Rp 20.000.jadi keuntungan kami Rp 40.000 dibagi anak 4 orang sehingga dapat Rp 10.000,- .
Ketika puasa ada undangan untuk mengisi acara buka bersama setiap orang mendapatkan uang saku Rp 50.000 dan selanjutnya pada saat hari raya di undang acara halal bi halal di daerah pacitan pendapat uang Rp 50.000 dan pernah juga di undang dalam acara maulid nabi mendpatakan Rp 30.000. Juga ikut di lain majelis pernah diajak main banjari di daerah blitar acara pertemuan haji blitar mendapatkan uang saku Rp 100.000.
Pada magang kemarin dari SEAMOLEC
Pada saat magang kemarin di SMA Negeri 6 Malang saya menyampaikan materi simulasi digital setelah selesai magang selama 2 minggu tersebut walaupun hanya mendapatkan satu buku . Sebenarnya saya mau mengambil inisiatif sendiri tetapi dikarenakan saya tanya temen – temen yang di Malang lain dapet dari guru, jadi saya bertanya dan hanya satu guru yang membuat modul dan saya membuatkan untuk beliau. Ketika pulang saya mendapatkan uang saku Rp 100.000

Advertisements

Posted on October 4, 2013, in Technopreneur. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: